Senin, 02 November 2009

Udang

Udang adalah binatang air yang bercangkap lunak. Udang dalam bahasa jawa disebut "urang" yaitu binatang yang sangat digemari manusia sebagai lauk-pauk yang mengandung protein sangat tinggi. Sebagai menu santapan, udang merupakan jenis makanan yang cukup punya nama. Udang sangat digemari  manusia karena  seluruh anggota tubuhnya dapat dikonsumsi tanpa terbuang, seperti : udang rebus, udang goreng, sambal udang, kerupuk udang, dan lain sebagainya.
Akan tetapi bila "udang" kita konotasikan dalam pengertian tertentu maka banyak orang yang melakukan penolakannya, seperti :
1. "Otak udang", yang menggambarkan simbol bagi orang yang diberi predikat oleh orang lain karena memiliki keterlambatan dalam berpikir (=bodoh). Hal ini dapat dimaklumi karena udang memiliki struktur otak yang sangat kecil, maka kebanyakan orang tak kan mau bila disebut "berotak udang".
2. "Ada udang di balik batu", sebuah ungkapan yang menggambarkan tentang niatan seseorang yang tersembunyi ketika ia mengambil sikap atau mempunyai kepentingan tertentu pada seseorang. Karena itu ungkapan tersebut lazim digunakan untuk memberikan predikat pada tingkah laku dari orang yang memiliki niat/tujuan ganda yang tersembunyi dan menguntungkan dirinya, bahkan dapat merugikan pihak lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar