Rabu, 04 November 2009

Topeng Kehidupan


Topeng adalah tiruan bentuk wajah yang menyerupai bentuk manusia, binatang, setan atau yang lain dan digunakan untuk menutupi atau menyembunyikan wajah yang asli.Topeng terbuat dari kertas, kulit, kayu, maupun plastik sebagai bahan dasarnya.
Topeng biasanya digunakan untuk berbagai pertunjukan baik seni, permainan, ataupun acara ritual tertentu (contoh = pesta hellowen). Fungsi dari topeng digunakan supaya wajah asli si-pemakai topeng secara langsung tidak dikenali oleh pihak lain disamping fungsi artistik dan keindahan.
Sedangkan "topeng" dalam tanda kutip berarti bukan topeng secara umum yang digunakan oleh pihak-pihak yang memiliki niat/tujuan tersembunyi agar tidak secara langsung dapat diketahui pihak lain. Topeng yang satu ini merupakan topeng asli yang pada hakekatnya adalah wajah palsu bagi yang memiliki wajah.
Kebanyakan dari manusia tidak menggunakan wajah aslinya, justru mereka bersembunyi di dalam topeng-topeng wajah palsunya. Hal ini berarti :
1. Kebanyakan manusia tidak percaya kepada kemampuan yang mereka miliki
2. kebanyakan dari manusia memiliki peranan palsu untuk menambah atau menyembunyikan peranannya yang utama/asli
3. Kebanyakan dari manusia yang memakai "topeng" memiliki tujuan/kepentingan yang tersembunyi dan disembunyikan agar mendapat keuntungan bahkan dapat merugikan/mencelakakan pihak lain.
Maka dari itu "topeng" yang dikenakan oleh manusia yang seperti ini perlu untuk segera dilepaskan baik secara damai maupun dengan jalan paksaan agar kedok/topeng dari wajah aslinya terbuka.
Apakah diri kita termasuk dari golongan manusia-manusia yang "bertopeng" seperti di atas ? Ataukah diri kita termasuk dari golongan-golongan manusia yang telah melepaskan "topeng" tersebut? Jawabnya hanya pada diri anda sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar